Agar Tidak Haus Saat Puasa, Lakukanlah Tips Ini

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib dalam agama Islam.

Sebelum suara adzan Maghrib berkumandang, tentunya seseorang harus menahan berbagai hawa nafsu, termasuk menahan rasa haus dan lapar.

Akan tetapi, sensasi haus kerap dialami oleh sebagian orang yang tinggal di daerah dengan iklim panas dan maupun yang melakukan kegiatan fisik.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan haus saat puasa? Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Minum Air Secukupnya Ketika Berbuka dan Sahur

Tips pertama yang bisa kamu coba agar tidak haus saat menjalankan ibadah puasa, yakni dengan meminum air secukupnya ketika berbuka dan sahur.

Akan tetapi, ketika berbuka puasa disarankan bagi kamu untuk tidak langsung meminum air yang terlalu banyak.

Jadi, disini kamu diharuskan untuk minum segelas air saja kemudian lanjutkan dengan memakan cemilan sehat seperti buah kurma maupun buah lainnya.

Pasalnya, cara tersebut dapat membantu tubuh dalam menyerap cairan secara efisien. Disamping itu, kamu juga harus memastikan minum air putih secukupnya saja ketika sahur.

  1. Jangan Meminum Minuman yang Bercafein dan Bersoda

Ada beberapa jenis minuman yang memiliki kandungan cafein cukup tinggi, seperti teh dan kopi. Selain itu, minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko dehidrasi karena sifatnya yang diuretik.

Sehingga, jenis minuman tersebut akan membuatmu lebih sering untuk buang air kecil. Ketika buka puasa dan sahur, sebaiknya kamu menghindari minuman yang mengandung cafein dan bersoda agar tidak haus saat menjalankan ibadah puasa.

Dalam hal ini, kamu lebih dianjurkan untuk meminum minuman yang menyegarkan dan sehat, seperti air putih, air kelapa, dan jus buah.

  1. Pilih Makanan yang Kadar Airnya Tinggi

Penting juga bagi kamu untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan yang memiliki kadar air tinggi, seperti buah semangka, buah melon, dan buah jeruk agar tidak kehausan saat berpuasa.

Selain buah-buahan, ada pula berbagai jenis sayuran yang kadar airnya tinggi seperti mentimun dan selada.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, tentu saja kamu tidak akan terlalu merasa haus ketika beraktivitas meskipun sedang berpuasa.

  1. Hindari Makanan yang Terlalu Gurih dan Pedas

Makanan yang terlalu gurih dan pedas akan mmebuat seseorang merasa lebih haus. Oleh karena itu, kamu harus membatasi bahkan menghindari makanan tersebut agar tidak merasa kehausan saat beribadah puasa.

Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang rendah garam guna menjaga kesimbangan elektrolit dalam tubuh.

  1. Mencukupi Waktu Istirahat

Perlu kamu ketahui, kurangnya waktu tidur dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh yang menjadi pengatur rasa lapar dan haus.

Maka dari itu, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup selama puasa agar kondisi tubuh tetap prima.

  1. Hindari Kegiatan Fisik yang Berat

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa kegiatan fisik yang berat merupakan salah satu faktor pemicu rasa haus saat berpuasa.

Selama bulan puasa, sebaiknya kamu hindari kegiatan fisik yang berat terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Apabila memungkinkan, kamu bisa melakukan kegiatan fisik yang ringan di pagi dan sore hari agar suhu udaranya lebih rendah.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa haus ketika menjalankan ibadah puasa. Selamat berpuasa ya!