Inilah 5 Lagu-lagu Karya Musisi Indonesia yang Menentang Fenomena Korupsi!

Sebagai negara demokrasi yang dihuni oleh banyaknya partai politik dengan ribuan anggota di dalamnya, perilaku menyimpang korupsi cukup sulit untuk diberantas. Koruptor-koruptor kelas teri hingga kelas atas, masih saja bermunculan di mana-mana. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, Mahfud MD menyebutkan kalau Indeks Korupsi Persepsi di Indonesia mencapai 34% pada tahun 2023. Korupsi memang sudah lama merajalela di negeri ini. Bahkan beberapa musisi sudah mulai geram dan menciptakan lagu untuk menyindir para koruptor, seperti berikut ini.

 

  1. Slank, menyindir para koruptor lewat lagu “Seperti Para Koruptor”

Pada tahun 2008 lalu Slank merilis lagu berjudul Seperti Para Koruptor dalam album The Big Hit. Dalam liriknya, terdapat kritikan yang ditujukan untuk para koruptor, misalnya: Hidup sederhana tak punya apa-apa tapi banyak cinta. Hidup bermewah-mewahan, punya segalanya tapi sengsara.

Lagu yang diciptakan oleh Kaka ini, membawa energi positif dan ajakan untuk menghindari hal-hal negatif, seperti korupsi. Musiknya juga dikemas dengan baik sehingga cocok didengarkan oleh berbagai usia mulai dari anak muda hingga lansia.

 

  1. Gosip Jalanan oleh Slank

Selain lagu Seperti Para Koruptor, Slank juga menciptakan karya lainnya berjudul Gosip Jalanan pada tahun 2004 lalu. Lagu ini ditujukan buat pejabat korup yang gemar memakan uang rakyat. Lagu ini adalah bagian dari album Generasi Biru yang menceritakan tentang kerumitan birokrasi di Indonesia. Banyak sekali urusan yang diprioritaskan karena adanya uang pelicin. Secara tidak langsung Slank adalah band yang berani blak-blakan menyuarakan aspirasi rakyat yang sering menjadi korban akibat orang-orang serakah.

 

  1. Iwan Fals blak-blakan menyindir dengan lagu “Tikus-tikus Kantor”

Iwan Fals merilis lagu berjudul Tikus-tikus Kantor. Tikus-tikus kantor sering dipakai sebagai sebutan bagi koruptor yang bekerja di lembaga pemerintahan, negara, maupun swasta. Binatang tikus yang rakus dan menjijikan menggambarkan sifat koruptor yang rakus akan hak orang lain. Lagu ini bisa dikatakan lagu yang cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1993.

 

Salah satu sindiran tertera pada potongan lirik:

 

“Tikus-tikus tak kenal kenyang

Rakus, rakus, bukan kepalang

Otak tikus memang bukan otak udang”

 

  1. Andai Aku Gayus Tambunan

Pada tahun 2010 lalu, publik dikejutkan dengan kasus mafia pajak yang melibatkan pegawai pajak golongan III A bernama Gayus Tambunan. Selanjutnya seorang pria mirip Gayus Tambunan tertangkap kamera wartawan sedang asyik menonton pertandingan tenis di Bali. Pria tersebut terlihat mengenakan kacamata dan wig, seakan sedang melakukan penyamaran. Kasus ini tentunya melahirkan banyak kontra di tengah masyarakat, banyak yang menganggap bahwa itu adalah Gayus Tambunan yang diberikan kebebasan atau privilege khusus di tengah masa penahanan. Bahkan musisi asal Gorontalo bernama Bona Paputungan menciptakan lagu berjudul “Andai Aku Gayus Tambunan” sebagai salah satu bentuk kritik sosial terhadap ketidakadilan yang marak terjadi di Indonesia.

 

  1. Distorsi, Ahmad Band

Mungkin kamu masih belum familiar dengan nama Ahmad Band. Ternyata band ini adalah project sampingan musikus terkenal Ahmad Dhani. Berperan sebagai vokalis, dengan lantang pria kelahiran 1972 ini menyuarakan lirik-lirik protes terhadap para penguasa lewat lagu berjudul Distorsi. Lagu ini ada di dalam sebuah album karya kejeniusan Ahmad Dhani berjudul Ideologi Sikap Otak, pada tahun 1998.

 

Itu dia lagu-lagu yang diciptakan para musisi sebagai bentuk dari kritik sosial terhadap fenomena korupsi, kolusi, dan nepotisme di bumi pertiwi. Semoga saja, liriknya dapat menjadi tamparan wakil rakyat yang gemar melakukan hal tidak terpuji.  Kemudian, kita sebagai warga negara bisa turut mengawasi tindakan koruptif di sekitar dengan menambah informasi mengenai sikap antikorupsi yang bisa diakses pada website ACLC KPK.

 

 

 

 

 

 

Source: https://regional.kompas.com/read/2023/05/31/093423878/indeks-persepsi-korupsi-di-indonesia-kian-buruk-mahfud-md-pertama-itu-dpr

 

https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/25/071852766/lirik-dan-chord-lagu-seperti-para-koruptor-slank

 

https://bangka.tribunnews.com/2017/06/06/ridho-slank-lagu-seperti-para-koruptor-itu-kan-bagian-dari-religi

 

https://www.jpnn.com/news/kisah-bona-dan-lagu-andai-aku-gayus-tambunan-yang-makin-terkenal

 

https://www.matamata.com/seleb/2019/01/29/123737/ahmad-band-jejak-gemilang-perlawanan-ahmad-dhani